Saturday 30 May 2015

Simple Solution to the Bounded Buffer Problem



Selamat datang kembalii~~

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang bounded buffer problem dan solusinya.

Jadi apa itu bounded buffer problem? Bounded buffer Problem merupakan salah satu masalah yang menerangkan sinkronisasi antara proses-proses yang berjalan secara konkuren untuk mengakses data yang sama. Bounded buffer itu sendiri adalah suatu struktur data untuk menampung (buffer) suatu nilai dimana kapasitasnya tertentu/terbatas (bounded). Permasalahannya ialah bagaimana jika ada dua proses berbeda yang berusaha mengakses buffer tersebut.

Hal yang terpenting adalah untuk menghindari race condition. race condition keadaan dimana beberapa proses mengakses data secara bersamaan. Untuk menghindarinya, kita harus bisa mesinkronisasikan proses tersebut dengan memberikan perintah tertentu supaya hanya ada satu proses yang berjalan.

Jalan keluarnya ialah dengan mengaplikasikan solusi shared-memory pada problem bounded buffer. Solusi shared-memory memungkinkan paling banyak n-1 item dalam buffer pada waktu yang sama. Jadi, ketika buffer kosong, producer akan mengisi buffer hingga paling banyak n-1 item dalam buffer. Jika buffer tersebut sudah terisi n-1 item, akan terjadi proses switch sehingga consumer akan mengosongkan buffer tersebut. Selama consumer bekerja, producer tidak melakukan apa-apa dan menunggu hingga buffer tersebut kosong lagi. Jika buffer tersebut sudah kosong, maka akan terjadi proses switch lagi, sementara consumer tidak melakukan apa-apa dan menunggu hingga buffer tersebut diisi oleh producer.

Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan klik link di bawah ini:
Simple Solution to the Bounded Buffer Problem
Simple Solution to the Bounded Buffer Problem (ppt)

Terimakasih telah datang kembali. Semoga postingan ini bermanfaat ^^

Jangan lupa untuk mengunjungi link di bawah ini:
Sistem Informasi ITS
ISICO
SESINDO

0 comments:

Post a Comment

 

F for F! Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger