Sunday 14 December 2014

Manajemen dan Organisasi?

Manajemen organisasi merupakan salah satu mata kuliah S1 jurusan Sistem Informasi di kampus ITS. Mata kuliah ini mengajarkan mengenai peran manajemen secara umum hingga pengorganisasian sumber daya dan penyelesaian macalah terkait kasus manajemen. Pokok bahasan manajemen dan organisasi adalah konsep dasar manajemen dan organisasi, manajemen kuantitatif (transportasi, CPM, PERT, BSC, SWOT, BCG), perilaku individu dan organisasi (keragaman individu dalam organisasi), peran manajamen (perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian), serta studi kasus dan proyek akhir.

Kata manajemen sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu manush yang artinya lengan. Berdasarkan pengertian tersebut manajemen dapat diartikan sebagai kaki tangan yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien melaluli planning, organizing, leading dan controlling/monitoring. Planning berarti memilih tujuan dan cara untuk mencapai tujuan tersebut, organizing berarti menetapkan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas, leading berarti pengaruh untuk memotivasi karyawan, dan controlling berarti mengawasi aktivitas dan membuat hubungan.

Untuk mencapai tujuan organisasi tidak lah mudah. Terdapat beberapa tantangan dalam manajemen yaitu technology, new business, strive to remain competitive in the global area, deal with uncertain environments, cutbacks (penurunan nilai barang), and massive worldwide economic, political, and social shifts. Tantangan dari segi tekhnologi berarti jika kita tidak mampu mengadopsi tekhnologi dengan baik maka lawan kita akan selangkah lebih maju dibanding kita. Sedangkan new business model terjadi karena lumrahnya pengaruh tekhnologi.

Orang yang mengatur suatu organisasi dan sumber daya di dalamnya disebut manajer. Manajer memiliki beberapa peran yaitu informational, interpersonal, dan decisional. Informational berarti manajer mengawasi, menyebarkan dan menjadi spokesperson dari suatu informasi. Interpersonal berarti manajer menjadi figure head, leader dan liaison dari suatu organisasi. Sedangkan decisional berarti manajer menjadi entrepreneur, disturbance handle, resource allocation dan negotrator dari suatu organisasi.

 Telah dijelaskan diatas mengenai manajemen. Berikut adalah penjelasan mengenai organisasi. Organisasi merupakan entitas social yang memiliki tujuan yang terarah dan terstruktur. Terstruktur disini berarti pembagian tugas dan adanya tanggung jawab dari pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Sebuah organisasi memiliki budaya dan tingkah lakunya sendiri-sendiri. Budaya organisasi disini berarti nilai, prinsip, tradisi dan cara melakukan sesuatu yang mempengaruhi anggota organisasi untuk bertindak. Beberapa cara karyawan mempelajari budaya organisasi adalah dari cerita-cerita, ritual, symbol material, dan bahasa yang digunakan suatu organisasi. Sedangkan sumber dari budaya organisasi adalah penemu organisasi, praktik terdahulu dari organisasi dan sikap dari top manajement. Budaya dari suatu organisasi dapat terus berlanjut dengan adanya recruitment karyawan yang memiliki pola piker yang sama dan ‘cocok’ dengan organisasi serta sosialisasi kepada karyawan baru untuk membantu mereka beradaptasi dengan budaya organisasi. Beberapa orgnaisasi memiliki budaya yang kuat dan beberapa memiliki budaya yang lemah. Perbedaan ini dapat dilihat dari seberapa kuat karyawannya mempertahankan budaya organisasi dan seberapa besar pengaruh budaya tersebut terhadap organisasi.


Dari penjelasan singkat diatas mengenai manajemen dan organisasi dapat disimpulkan bahwa mata kuliah ini mempelajari mengenai apa itu manajemen, bagaimana seorang manajer harus bertindak, apa itu organisasi serta apa yang terjadi di dalam suatu organisasi. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan kita dapat mengatur organisasi dengan baik, menjadi manajer yang mampu mewakili tangan-kakinya dengan baik. Belajar menjadi manajer yang baik memang tidak cukup hanya dengan mata kuliah ini. Namun dengan adanya manajemen dan organisasi setidaknya kita lebih mengetahui bagaimana seseorang harus bertindak dalam mengurus suatu organisasi. 

0 comments:

Post a Comment

 

F for F! Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger